fbpx

Hari Ini:

Selasa 19 Mar 2024

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 21.00

Telpon:

082302120765

SMS/Whatsapp:

082302120765

BB Messenger:

D719977D

Email:

homejepara56@gmail.com

Layanan Online:

Lupa Kata Sandi?

Testimoni

KONTAK PERUSAHAAN BARU

Pembayaran Melalui

Rek : 2470145270
An. Moh Agus Salim, S. Ds
Rek : 0290732906
An. Moh Agus Salim, S. Ds
Rek : 5889-01-012449-53-8
An. Moh Agus Salim, S. Ds

Tips Memilih Mebel Jepara Yang Berkualitas

23 November 2015 - Kategori Blog

www.homejepara.comSeperti yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari dalam lingkingan kita, Mebel atau perabot rumah dari kayu memang masih menjadi Mebel Jepara yang banyak di gunakan untuk melengkapi kebutuhan rumah. mebel sendiri banyak dibuat dari bahan dasar kayu jati dan mahoni. kayu jati sendiri sampai sekarang menjadi pilihan pertama ketika membuat perabot rumah, dan kayu mahogani mejadi pilihan keduannya, dipilihnya kayu jati sebagai bahan utama karena kayu jati memiliki keunggunlan di bandingkan dengan kayu lainnya. salah satunya yakni, kayu jati sangat awet karena rayap tidak suka dengan kayu jati sehingga kayu jati terhindar dari serangan rayap yang biasa menyerang kayu-kayu lainnya, selain itu kayu jati juga memiliki serat yang kuat sehingga sangat kokoh ketika di gunakan untuk pembuatan mebel kayu. walaupun secara umum kayu jati sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuatan mebel, tapi kita juga harus mengetrahui cara yang tepat memilih mebel kayu jati yang berkualitas, karena terkadang ada mebel kayu jati yang tiodak memenuhi standart, sehingga hasilnya tidak maksimal.

Untuk itulah , kali ini saya akan memcoba untuk berbagi bagaimana memilih mebel jepara jati berkualitas, beberapa tips ini saya temukan di lapangan karena saya adalah anak jepara yang setiap harinya bergelut di bidang mebel jepara yang kebanyakan memakai bahan kayu jati, Berikut 5 tips memilih mebel jati berkualitas antara lain yaitu :

  1. Hindari Mebel Jati yang terdapat Cocoh : Cocoh ialah lubang-lubang kecil yang terdapat di kayu jati, cocoh terjadi karena kayu jati di buat rumah oleh serangga kecil yang menyebabkan terjadi bubuk di kayu jati. orang jepara biasa menyebut seranggan ini dengan nama “Trocoh”. ciri-ciri mebel yang terkena cocoh yakni adanya lubang kecil di kayu jati sehingga mebel dari jati tersebut rapuh dalamnya. mebel yang memakai kayu cocoh biasanya tidak mampu bertahan lama. untuk itulah hindari membeli mebel kayu jati yang terdapat cocoh dan bukuk kayu. sebisa mungkin pilih mebel jepara jati dengan bahan kayu yang bebas cocoh.
  2. Pilih Bahan Mebel dari Kayu Jati TUA (kalau bisa menggunakan Kayu TPK) : Sebisa mungkin memilih mebel jati dengan menggunakan bahan kayu jati TUA, kayu jati tua sendiri memiliki beberapa ciri yaitu diantaranya serat kayu yang padat, Berat kayu juga lebih berbobot, warna kayu coklat kemerah-merahan dan merata. jika susah memilih kayu jati tua, lebih mudahnya anda memilih Kayu TPK (Tempat Pelelangan Kayu) Jati Perhutani yang sudah di pastikan memiliki umur kayu yang tua, minimalis 20 tahun.
  3. Finishing Produk Bagus dan bekualitas : Salah satu mengetahu finishing produk mebel jepara jati yang bagus ialaha melihat produk mebel yakni dnegan melihat warna yang merata di semua produk, finishing tebal dan juga semua pori-pori kayu tertutup finishing. dan sebisa mungkin menggunakan bahan finishing terbaik di kelasnya. untuk lebih mudahnya, produk bisa diraba , jika finishingnya bagus, maka produk akan sangat halus ketika di pegang. permukaan mebel papan juga tidak bergelombang.
  4. Kontruksi Mebel harus kuat : Salah cara mengetahui bagus tidaknya sebuah kontruksi dari produk mebel jeparajati yakni dengan cara : jika produk mebel tersebut di pakai, maka pemakai akan merasa sangat nyaman, produk mebel juga sangat kokoh ketika di gunakan. hal yang perting dari sebuah kontruksi mebel jepara jati yaitu Simetris.
  5. Pilih Mebel Asli Jepara : Jepara merupakan pusat industri mebel jati, sehingga produk mebel jepara telah menjadi mebel jepara berskala internasional, sehingga produk yang di hasilkan di jepara memiliki kualitas yang baik, ini terbukti dengan sampai sekarang masih banyaknya customer asing yang mempercayakan kebutuhan mebel di negara mereka untuk dibuat di jepara. hal inilah yang menjadi keunggulan jepara dari sisi produk yang di hasilkan.

Selain itu , kemampuan masyarakat jepara dalam membuat mebel jepara ukir ini telah di miliki secara turun temurun (Lokal Jenius). di jepara juga sudah dari kecil di ajarkan untuk membuat mebel oleh prang tuanya. jika anda ke jepara, maka tidak asing ketika anda menemukan hampir semua warga jepara memproduksi mebel secara home industri, untuk itulah silahkan pilih kebutuhan mebel dengan memilih Furniture asli Jepara. karena jepara merupakan pusat mebel dunia.